Monday, February 3, 2020

Mau Tau Fakta-fakta Roadrunner?


Beep..beep, ingat dengan suara itu? Pasti kalian sudah gak asing dengan suara burung biru berjambul musuh yang selalu dikejar-kejar sama si Coyote. Yup, Roadrunner namanya. Berawal dari film kartun itu ane penasaran seperti apa sih si roadrunner ini, apakah aslinya memang ada atau hanya burung fiksi. Ternyata tokoh Roadrunner sebenarnya diambil dari nama yang sama dengan binatang aslinya. Seperti yang kalian lihat di film kartunnya, burung ini memang pelari cepat. Ok cukup segitu ulasan tentang Roadrunner ciptaan Chuck Jones tersebut. Kali ini ane tidak akan membahas tentang Roadrunner yang tokoh Looney Tunes ya, tapi akan membahas binatang aslinya.

Roadrunner (sumber: allaboutbird.org)
Sekilas tentang Roadrunner, binatang ini merupakan burung yang berasal dari barat daya Amerika Serikat dan utara Meksiko. Roadrunner disebut juga burung Chaparral karena hidup di gurun dengan banyak semak. Nama latin Roadrunner adalah Geococcyx dan memiliki dua species yaitu G. californianus dan G. velox. Roadrunner aslinya berwarna coklat bergaris-garis putih serta berjambul. Di belakang warnanya ada kulit berwarna biru hingga merah. Sebagai burung darat, roadrunner mempunyai kaki panjang dan kuat yang membuatnya berlari kencang, di belakangnya ada ekor yang panjang dan lebar yang membantunya bergerak seimbang. Untuk lebih jelasnya beginilah penampakan Roadrunner yang asli.

Anatomi Roadrunner (sumber: when-what-how.com)
Roadrunner sendiri merupakan hewan monogamy, yaitu hewan yang hanya memiliki satu pasangan yang hingga akhir hayat. Road runner berukuran 52-62 cm dengan berat 230-430 g. Roadrunner dapat bertelur hingga 3-10 butir dan dierami selama 20 hari. Anak Roadrunner akan tinggal di sarang sampai usia 18 hari, walaupun begitu induk Roadrunner tetap mengasuhnya hingga 30-40 hari.Ok cukup tentang gambaran sekilas tentang si roadrunner ini, dibawah ini adalah fakta-fakta unik tentang roadrunner.

1. Coyote lebih cepat dari road runner
Di film kartun Looney Tunes Will E Coyote selalu digambarkan lebih lambat dari Roadrunner belum lagi kena jebakan sendiri. Tapi faktanya coyote di dunia nyata lebih cepat dari roadrunner, coyote bisa berlari dengan kecepatan 69 km/j sedangkan roadrunner 32km/j. Wow bahkan coyote melampaui lebih dari 2x kecepatan roadrunner, tentunya tidak sulit bagi coyote mengejar roadrunner.

Coyote lebih cepat dari Roadrunner (sumber: imgur)



2.      Burung predator
Sebagai hewan buruan coyote di film, tidak salah jika kita mengira roadrunner bukan predator. Namun sebenarnya roadrunner adalah burung omnivora atau pemakan segala, maka ketika dia butuh daging barulah dia menjadi predator. Mangsanya mulai dari, serangga, kadal, hingga ular derik berbisa. Mungkin yang di daerahnya banyak ular bisa pelihara burung ini.


Roadrunner makan Ular( sumber: amazonaws.com)

3.      Bisa terbang
Roadrunner memang menghabiskan sebagian hidupnya di darat, tapi jangan salah roadrunner tetaplah burung, dia bisa terbang dikala sedang terdesak atau sedang berburu mangsa. Roadrunner bisa terbang tapi tidak lama itu disebabkan sayapnya yang pendek. Kalian bisa lihat video roadrunner terbang di bawah ini

 
Roadrunner bisa terbang (sumber)



4.      Membuat sarang di bagian bawah pohon
Tidak seperti kebanyakan burung yang membuat sarang di atas pohon, roadrunner membuat sarangnya di bagian bawah pohon atau tengah, di ketinggian sekitar 1-3m. Karena mereka banyak hidup di gurun, roadrunner banyak bersarang di kaktus, dan hal unik lainnya adalah mereka bisa membuat sarang dari barang apa saja tidak terbatas pada jerami seperti burung lain. Oh ya mengapa mereka membuat sarang seperti ini karena demi melindungi sarangnya dari predator.

Sarang Roadrunner (sumber: nestwatch.org)

5.      Memiliki kaki zygodactyl
Apa itu kaku zygodactyl, kaki zygodaytyl adalah kaki mempunya 2 jari di depan dan belakang sehingga ketika menginjak tanah jejak kakinya membentuk huruf ‘X’. Untuk lebih jelas, kalian bisa lihat kaki roadrunner di gambar sebelumnya.


Kaki Zygodactyl (sumber: wikipedia)






6. Telur dierami oleh jantan

Karena suhu tubuh roadrunner betina turun drastis di malam hari, maka roadrunner jantanlah yang akan mengerami telurnya.

7.      Road runner tidak perlu minum
Seperti hewan gurun lainnya yang tahan air begitu juga dengan roadrunner, roadrunner yang tidak butuh minum bukan berarti tidak minum sama sekali apalagi tidak butuh air. Tapi maksudnya bisa bertahan tanpa minum. Air bisa diserap sebanyak mungkin oleh roadrunner dari makanannya sehingga mereka tidak dehidrasi.
Roadrunner tidak butuh minum (sumber: berfrois.com)

Oke sekian untuk tread kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan agan-agan.

sumber: 


  • https://en.wikipedia.org/wiki/Roadrunner
  • https://forum.americanexpedition.us/...os-and-artwork
  • https://www.mnn.com/earth-matters/an...adrunner-facts
  • http://www.10000birds.com/how-fast-c...runner-run.htm






0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites