Saturday, July 10, 2010

3 Gurun Afrika yang paling terkenal

"Afrika memang terkenal sebagai benua yang kaya akan keanekaragaman hayatinya, tidak terkecuali iklimnya mulai dari padang savana, hutan tropis bahkan sampai gurun sekalipun. Nah,pembaca yang baik ,sekarang saya akan memposting tentang gurun-gurun afrika yang paling terkenal menurut saya, silakan membaca !"



1. GURUN SAHARA
Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Nama "Sahara" diambil dari bahasa Arab yang berarti "padang pasir". Bahasa Arab pada gilirannya mengambil dari bahasa Sumeria.
Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika "yang sejatinya". Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2.
(catatan: ternyata gurun sahara dulunya adalah hutan lebat)

Gurun Sahara di Libya

2. GURUN KALAHARI

Gurun Kalahari adalah gurun yang terdapat di bagian selatan Afrika dengan luas 900,000 km² (362,500 sq. mi.) yang meliputi sebagian besar Botswana dan beberapa bagian dari Namibia serta Afrika Selatan. Gurun Kalahari merupakan semi gurun dengan bagian kering dan terdapat padang rumput setelah terjadinya hujan. Gurun Kalahari juga menjadi habitat dari berbagai binatang dan tanaman, karena bukan sepenuhnya gurun pasir. Curah hujan di Gurun Kalahari mencapai 3-7 1/2 inchi per tahun.

gurun kalahari
Gurun Kalahari di Namibia




3. GURUN NAMIB

Gurun Namib adalah sebuah gurun di Namibia yang merupakan bagian dari Taman Nasional Namib-Naukluft, salah satu taman nasional yang terbesar di Afrika. Nama "Namib" berasal dari bahasa Nama. Gurun ini meliputi wilayah sekitar 50.000 km², membentang 1.600 km (1.000 mil) sepanjang pesisir Samudra Atlantik di Namibia, yang mendapatkan namanya dari gurun ini. Luas barat-timurnya bervariasi dari 50-160 km (30 hingga 100 mil). Gurun Namib juga mencapai sebelah barat daya Angola.
Daerah ini dianggap sebagai gurun tertua di dunia dan telah mengalami keadaan gersang atau semi-gersang setidaknya 80 juta tahun. Keadaan gersangnya disebabkan oleh turunnya air kering yang didinginkan oleh arus Benguela sepanjang pesisir. Kurang dari 10 mm (0,4 inci) hujan turun di gurun ini tiap tahun sehingga hampir tandus.
(catatan: disana ada pantai yang bernama Skeleton Coast, kenapa diberinama demikian? karena disana terdapat bagkai kapalyang terdampar)

Gurun Namib di Pesisir Namibia




semoga info di atas bermanfaat :)

sumber: wikipedia

1 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites