Saturday, April 10, 2010

5 Karnivor Afrika Paling Populer

"Sebelumnya saya sudah memposting 5 herbivor afrika yang paling populer. Nah sekarang giliran para pemangsa alias karnivornya. Sama seperti sebelumnya kepopuleran binatang-binatang ini didasarkan pada pengamatan saya di televisi atau media massa lainnya dan pengtahuan rata-rata masyarakat. Langsung saja kita lihat ! :) "

5. Anjing Liar Afrika


Ini salah satu anjing pemangsa yang sangat terkenal. Mereka adalah pemangsa sama seperti srigala dan dingo di Australia. Hewan ini biasa berkelompok dalam memangsa buruannya. Hidup di sabana dan kawasan hutan yang sedikit pohon. Anjing ini hanya di temukan di benua afrika. Biasa memangsa gazelle ,impala dan herbivor lainnya.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Canidae
Subfamily: Caninae
Genus: Lycaon
Brookes, 1827
Species: L. pictus
Binomial name : Lycaon pictus
(Temminck, 1820)

4. Leopard


Mengapa saya menempatkan Leopard di urutan ke 4? karena hewan ini tidak hanya ada di afrika tapi mereka juga hidup di daerah lain termasuk Asia. Dan mengapa juga saya memposting hewan ini? ya ,karena kita pun sudah mengetahui kalau hewan ini sering muncul di acara dokumenter binatang khususnya di afrika.
Leoprad atau kita mengenalnya macan tutul adalah hewan yang penyendiri dan biasa berburu di atas pohon. Leopard memakan apapun mulai dari kumbang kotoran sampai Eland jantan raksasa seberat 900kg. Hebatnya, mereka dapat membawa buruan yang lebih berat dari bobot tubuhnya ke atas pohon.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Felidae
Genus: Panthera
Species: P. pardus
Binomial name Panthera pardus
Linnaeus, 1758

3. Hyena


Hyena adalah salah satu anjing pemangsa yang ada di afrika. Memiliki tubuh yang besar dan gemuk cocok untuk melawan musuhnya. Walaupun hyena mampu berburu namun kebanyakan hyena sering menjadi pemakan bangkai atau mencuri makanan dari pemangsa lain bahkan seekor singa sekalipun. Hyena hidup berkelompok, sama seperti anjing liar afrika. Tapi kadang-kadang mereka terlihat menyendiri juga. Hyena memiliki rahang yang kuat dan system pencernaan yang baik. Sehingga membuat mereka mampu memakan dan mencerna seluruh bagian tubuh buruannya, termasuk kulit, gigi, tanduk, dan tulang.


Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Suborder: Feliformia
Family: Hyaenidae
Gray, 1821
Living Genera
2. Cheetah

Cheetah dikenal dengan kecepatannya yang dahsyat. Konon katanya ,cheetah dapat berlari secepat 120km/jam (70-75 mil/jam). Cukup untuk mengejar motor bebek atau motor skuter. Dan cheetah pun dianggap sebagai hewan tercepat di darat.Cheetah hidup di daerah yang bervegetasi rendah seperti padang rumput, dan semi gurun. Mereka memang selalu identik dengan afrika ,tetapi sebenarnya mereka hidup juga di asia. Tercatat sekitar 50 ekor cheetah bertahan di provinsi Khorasan ,Iran. Cheetah biasa memakan mangsa yang beratnya dibawah 40 kg seperti Thomson's Gazelle, Grant's gazelle, springbok dan para impala.

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Felidae
Genus: Acinonyx
Species: A. jubatus
Binomial name Acinonyx jubatus
(Schreber, 1775)

1. Singa


Inilah binatang urutan kesatu, singa. Singa memang selalu diidentikkan dengan Afrika walaupun sebenarnya mereka ada yang hidup di Asia. Singa jantan dan singa betina memiliki perbedaan yang sangat mencolok yaitu tentang rambutnya. Singa jantan dewas memiliki rambut yang sangat lebat di kepalanya sedangkan yang betina tidak memilikinya. Singa biasa berburu secara berkelompok khususnya bagi yang betina dan yang jantan sebagai pemimpin kawanan. Singa jantan sering berkelana(biasanya berjumlah 2 ekor) mencari kelompok lain untuk diambil alih kepemimpinan singa jantan dari kelompok lain.Mereka biasa memangsa hewan besar yang beratnya berkisar antara 50-300 kg ,antara lainkudu, hartebeest, gemsbok, dan eland.
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Carnivora
Family: Felidae
Genus: Panthera
Species: P. leo
Binomial name Panthera leo
(Linnaeus, 1758)

Sekian, semoga info di atas bisa jadi pembelajaran bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dari penulisan dan informasi. Terima kasih :)


sumber : wikipedia

1 komentar:

sebelumnya untuk kak eko maaf yah, postingnya saya copy buat project thinkquest
sebelumnya bagus banget blognya :D

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites